Kata Pengantar

Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allas SWT, yang telah memberikan petunjuk dan rahmat-Nya kepada kita, sehingga saat ini kita dapat menampilkan Silsilah Marga Ritonga dalam dunia maya dengan alamat www.taromboritonga.com , tujuannya agar seluruh popparan Ritonga memperoleh informasi serta dapat memperbaiki apabila ditemukan kekeliruan dalam garis keturunannya.

Buku Silsilah Marga Ritonga ini adalah cetak kelima dan terbit Januari 2018, disusun untuk digunakan oleh kahanggi, anakboru, bere, maradu sude Dalihan Natolu dihita halak batak, juga dapat digunakan sebagai referensi bagi marga lain atau suku bangsa lainnya dalam penyusunan silsilah keluarga masing masing. Cetakan lima ini adalah penyempurnaan dari cetakan keempat Januari 2015 dengan penambahan nama nama kahanggi yang baru diterima datanya dan dalam ditambahkan denah dengan daerah penyebaran Ritonga di Tapanuli Selatan.

Pada Silsilah Marga Ritonga ini di sarankan kepada semua kahanggi agar dapat melihat dan menemukan garis keturunannya supaya mengetahui nomor berapa oppu paroppuannya digenerasi 8. Dengan mengetahui paroppuan digenerasi 8 maka dengan cepat kita mengetahui orang tua kita serta kita dapat membuat nomor identifikasi masing masing keturunan Ritonga dohot Boruna.

Untuk menentukan Nomor setiap Marga Ritonga seperti contoh adalah Wier Ritonga, kita bisa berikan Nomor Induk dalam Marga Ritonga dengan Nomor : 16.15.253.18. Arti dari nomor 16 tersebut adalah paroppuan nomor 16 dari Silsilah Marga Ritonga , 15 artinya adalah Wier Ritonga generasi nomor 15 dari Parisang Isang Harbangan Ritonga, 253 artinya adalah ada dihalaman 253 dalam buku Silsilah Marga Ritonga dan 18 adalah nomor tersebut ada dicetakan tahun 2018 buku Silsilah Marga Ritonga.

Kepada seluruh kahanggi Ritonga marsada ina diseluruh pelosok tanah air dan dimana pun berada , kami berusaha melanjutkan pengumpulan keturunan marga Ritonga yang di mulai oleh Ompu Baginda Soambangon Ritonga, yang mengumpulkan popparan Ritonga mulai tahun 1940 dengan semangat yang tinggi menyusun Tarombo Ni Ritonga lebih dari sepuluh tahun, dan penyempurnaan sudah melalui dua Konferensi Ritonga yang pertama di Pagarandjulu tanggal 11 sampai dengan 14 Oktober 1951 dan dilanjutkan pada keputusan konferensi Ritonga kedua di Padang Sidempuan tanggal 20 sampai dengan 21 September 1952.

Hasil Konferensi Ritonga ini menetapkan bahwa Generasi Satu sampai dengan Generasi Kedelapan yaitu mulai dari Paisang Isang Harbangan Ritonga (Datu Nabolon) sampai kepada parompuan generasi 8 diketahui bahwa Paroppuan Ritonga berjumlah 58 Parompuan dan tidak bisa diganti lagi. Dari 58 parompuan Ritonga ini, ada 9 orang yang tidak memperoleh keturunan laki laki dan terputus Silsilahnya sampai digenerasi kedelapan sesuai dengan adat Batak yang membawa marga adalah keturunan laki-laki. Pada cetakan kelima ini kami berusaha membuat secara sistematis nama nama parompuan ini, sehingga bagi kahanggi yang ingin mengetahui Silsilahnya kami anjurkan agar mengetahui siapa ompungnya dalam generasi ke 8, dan ini mempermudah untuk mengetahui partuturan di sesama kahanggi.

Pengumpulan dan penyusunan Silsilah Marga Ritonga ini di lanjutkan pada Musyawarah Nasional VII Ritonga di Padang Sidempuan , Sumatera Utara tanggal 3 – 5 Juni 2011. Dan Musyawarah Nasional VII di Medan tahun 2017 dimana, penulis dibantu oleh Banggur Marasati gelar Stn. Silantom Muda melakukan koreksi dan pengumpulan data kepada kahanggi yang datang maupun mendatangi rumah kahanggi untuk menyatukan pendapat dalam penulisan Silsilah ini.

Dalam cetakan kelima tahun 2018 ini adalah penyempurnaan Silsilah Marga Ritonga yang dicetak sebelumnya dan sudah banyak tambahan dan koreksian mendasar dimana penyusunan pembuatannya tidak terlepas dari dokumen dokumen yang dikumpulkan dari catatan terdahulu dan hasil kunjungan kami kepada kahanggi Ritonga serta partisipasi dari kahanggi yang menyampaikan secara langsung maupun via email dan WA secara tertulis.

Kami selalu berusaha setiap ada pertemuan dengan dongan samarga agar melihat apakah namanya sudah tercantum dalam buka Silsilah Marga Ritonga ini, dan bagi yang belum, maka bersama ini kami minta kepada kahanggi Ritonga yang merasa namanya belum dicantumkan dalam Silsilah ini supaya segera menyampaikannya secara tertulis kepada DR. Wier Ritonga dengan alamat Jl. SMA 14 No. 10 Cawang, Jakarta Timur dan dapat dikirim melalui pos atau email dengan alamat: wierritonga@gmail.com juga dapat melalui WA nomor 081 8708358.

Beberapa kahanggi mengusulkan agar cetakan mendatang diikutkan boru dalam Silsilahmargaritonga ini, walaupun dalam adat bahwa lelaki yang menurunkan marga, akan tetapi ini semua dapat dibicarakan dan ditetapkan pada saat Munas mendatang, apakah dimasukkan boru atau tidak , dan atau dibuat dua versi yaitu yang Silsilahmarga Ritonga dan anak bnoru dan hanya Silsilahmarga Ritonga yang anak lelaki saja.

Kami menyadarai Buku Silsilah Marga Ritonga ini masih jauh dari sempurna , oleh karena itu kepada seluruh kahanggi agar memberikan koreksi yang membangun dan dapat mengirimnya kepada kami sebagai mana formulir koreksi terlampir, sehingga nantinya diharapkan seluruh popparan Marga Ritonga dapat kita data dalam suatu Buku Silsilah Marga Ritonga. Saran dan kritik yang membangun selalu kami harapkan dari seluruh pembaca Silsilah Marga Ritonga ini, semoga ada manfaatnya untuk kita semua. Amin.

Jakarta, 2 Januari 2018
Penulis